25 April 2010

Patung Sphinx



1. Perkenalan sphinx
Sphinx Agung Giza adalah sebuah patung sphinx besar berbentuk separuh manusia, dan separuh singa yang terdapat di Mesir, di Dataran Giza, tepi barat Sungai Nil, dekat Kairo sekarang. Ini adalah satu dari beberapa patung terbesar di dunia yang terbuat dari satu batu utuh, dan dipercaya telah dibangun oleh Mesir Kuno pada milenium ketiga SM.

2. Bentuk Sphinx
Tidak ada yang tahu karena Sphinx telah mengalami erosi ribuan tahun dan kerusakan akibat manusia. Para ahli arkeologi menemukan banyak sisa gambar Sphinx tergambar dengan sayap, tubuh singa dan kerbau, muka manusia. Saat ini yang kelihatan hanya tubuh seperti singa dan muka manusia tanpa hidung.

3. Sejarah
Nama yang digunakan bagi masyarakat Mesir Kuno untuk menyebut patung ini sama sekali tidak diketahui. Nama "sphinx" yang biasa digunakan diambil dari nama makhluk mitologi Yunani dengan tubuh seekor singa, kepala seorang wanita, dan sayap seekor elang, walaupun patung sphinx Mesir memiliki kepala laki-laki. Kata "sphinx" berasal dari bahasa Yunani (Σφιγξ — Sphinx, dari kata kerja σφιγγω — sphingo) yang berarti mencekik, karena sphinx dari mitologi Yunani mencekik orang yang tidak dapat menjawab pertanyaan teka-tekinya. Bagi beberapa orang, dipercayai bahwa nama ini merupakan perubahan kata dari bahasa Mesir kuno Shesep-ankh, sebuah nama yang diberikan kepada patung bangsawan pada Dinasti Keempat. Pada tulisan-tulisan abad pertengahan, nama balhib dan bilhaw yang menunjuk pada Sphinx dipergunakan, termasuk oleh sejarawan Mesir Maqrizi, yang menyarankan penyusunan bahasa Koptik, tapi istilah Arab-Mesir Abul-Hôl, yang diartikan sebagai "Bapak Teror," lebih banyak digunakan.

4. Misteri Bangunan Sphinx
Kenapa hidung Sphinx rusak/hilang memang banyak mitos-mitosnya. Ada yang mengatakan karena dirusak oleh tentara Napoleon. Napoleon Bonaparte datang menduduki Mesir dan ia ingin menunjukkan bahwa beliau telah berhasil menjajah Mesir dengan mencacatkan hidung mayoritas patung. Pada jaman itu, masyarakat Mesir bangga terhadap hidung mereka, dan Sang Sphinx ini tak luput dari perusakan tersebut. Ada pula yang mengatakan dirusak tentara Mamluk-nya para Kalifah yang memakai Sphinx sebagai target practice, atau oleh tentara Inggris yang iseng. Tapi apa penyebab dan kapan hidung Sphinx itu hilang masih jadi tanda tanya, karena kurang lebih 50 tahun sebelum ekspedisi Napoleon sampai ke Mesir, sudah ada sketsa Sphinx yang dibuat oleh Frederick Lewis Norden. Dan di sketsa dia wajah Sphinx sudah rusak, tanpa hidung.

Ada tulisan dari seorang sejarawan Mesir dari abad ke-15, 300 tahun lebih sebelum Napoleon, bahwa wajah Sphinx sengaja dirusak oleh seorang suji yang fanatik, di abad ke-14, karena dianggap sebagai berhala yang masih dipuja orang penduduk setempat. Dia juga menyebut sang sufi merusak telinga Sphinx. Tapi kita semua tahu telinga Sphinx sampai sekarang masih ada.

Jadi masih menjadi misteri kan kapan dan siapa yang merusak wajah Sphinx. Kecuali kalo telinga itu termasuk yang direnovasi oleh firaun-firaun sesudahnya seperti Ramses.

5. Pembangunan Sphinx
Belum ditemukan catatan apa pun mengenai pembangunan Sphinx dari awal mulanya. Hanya ada satu batu "Stela" yang berisi informasi bahwa Pharaoh Thutmosis IV (1401-1391 B.C.) memperbaikinya. Stela bercerita bahwa saat berburu, sang pangeran menjadi lelah dan beristirahat di bawah baying-bayang Sphinx. Ia bermimpi bahwa Sphinx akan memberikannya hadiah DOUBLE CROWN of EGYPT jika ia memperbaikinya.

Sayang bagian akhir batu Stela rusak, sehingga tidak terbaca apakah legenda janji Sphinx ini dipenuhi atau tidak.
Pada baris ke 13 batu itu terdapat syllable "Khaf" - dihubungkan dengan King Khafre (2520-2494 B.C.). Dari sini Graham Hancock seorang peneliti Mesir menyebutkan bahwa King Khafre lah yang membangun Sphinx.

Seperti umum diketahui, juga menurut ilmuwan, Sphinx di Mesir, aslinya mempunyai gambaran wajah sebagai sebuah singa. Mungkin saja lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya,demikian menurut hasil penelitian seorang ahli geologi berkebangsaan Inggris.

Egyptologist telah lama memperdebatkan tentang monumen itu, sebagian berpendapat, kepalanya adalah gambaran kepala seorang firaun dan badanya adalah se-ekor singa, didirikan pada saat pyramid pertama, sekitar 4,500 tahun yang lalu. Namun seorang ahli geologi, Colin Reader mengungkapkan temuannya, bahwa Sphinx telah didirikan jauh dari yang diperkirakan sebelumnya. Penelitiannya tersebut berbasis kepada bekas erosi yang diakibatkan oleh hujan yang terdapat pada patung Sphinx itu.

Sebuah istana yang terkubur di dataran tinggi Giza, Mesir, memperlihatkan sebuah bukti bahwa telah terdapat aktifitas di daerah itu , sebelum piramid-piramid itu didirikan, ujar Colin Reader.

Dari model -nya memperlihatkan bahwa patung itu lebih tua dari kuburan yang ada di situs itu. Menurutnya, kuburan (pyramid) tersebut mungkin didirikan oleh penduduk yang berdiam di daerah tersebut, sesudahnya.

Seorang ahli efek visual (visual effects) dengan menggunakan data penelitian itu, membuat sebuah gambaran tentang Sphinx, bagaimana terlihat dalam bentuk aslinya.

Peneliti juga menemukan bahwa badan Sphinx dan kepalanya tidak proporsional (seimbang) dalam ukurannya, memberi kesan bahwa itu bukannlah seorang firaun asli.

Seorang ahli arsitek sejarah, Dr Jonathan Foyle, yang bekerja sama dengan Collin Reader dalam proyek penelitian itu, mengungkapkan bahwa kepala dan badan Sphinx sangat-sangat tidak proporsional. Menurutnya, hal itu lah yang membuat dia memperkirakan bahwa Sphinx pada awalnya mempunyai kepala yang berbeda-kepala se-ekor singa.

Sphinx dalam bentuk asli dan seperti terlihat, kepala dan kaki depannya tidak proporsional dengan letak kepalanya
Berdasarkan teori tersebut, ini berarti Sphinx kemudian di “pahat” ulang dan dimodifikasi sesuai dengan model Khufu. Karena buat masyarakat Mesir kuno, singa adalah simbol yang melambangkan kekuatan/kekuasaan melebihi wajah seorang manusia. Ditambah dengan fakta bahwa patung itu mempunyai badan sebagai se-ekor singa, hal itu jauh lebih dapat diterima menurut para ilmuwan, bahwa pada awalnya patung itu mempunyai wajah sebagai se-ekor singa.

6. Misteri yang Bersembunyi Dibalik Sphinx
Beberapa peneliti berpendapat bahwa Sphinx adalah peninggalan sebuah kebudayaan purba yang usianya lebih tua daripada Egypt itu sendiri. Catatan seorang bangsa Romawi, Armmianus Marcellinus menyebutkan bahwa Sphinx menyimpan catatan/scrolls/buku/batu/informasi mengenai "prevent the ancient wisdom from being lost in the flood of past age". Catatan lain bangsa Arab abad 9 juga mengkonfirmasi hal ini.

Telah lama diketahui bahwa Sphinx adalah simbol kecerdasan menurut kebudayaan Egypt.

Edgar Cayce (1877-1945), seorang clairvoyance (mirip Nostradamus, dalam keadaan tidak sadar atau deep trance ia bisa "membaca" sesuatu yang tersembunyi, biasanya ia gunakan kemampuannya untuk pengobatan) suatu kali mengatakan bahwa Shinx Egypt menyimpan catatan tentang kebudayaan purba, salah satunya tentang Atlantis. Sphinx adalah pintu masuk ke perpustakaan rahasia bernama 'Hall of Records'. Cayce berkata, "There is a chamber or passage from the right forepaw of the Sphinx to this entrance of the HALL OF RECORDS"!

Karena ramalan-ramalan Cayce nyaris tepat, para ahli dengan peralatan yang canggih masih berupaya mencari-cari Hall of Records. Sayang sampai sekarang masih belum ditemukan jalan masuk seperti yang diramalkan.

Yang kedua adalah perhitungan astronomi & astrologi. Penelitan mengiyakan bahwa Sphinx tepat menghadap ke timur saat matahari terbit di hari pertama spring equinox. Robert Bauval memperlihatkan bahwa bangunan-bangunan di Giza membentuk konstelasi bintang di langit, bahkan sungai Nil membentuk Milky Way di Galaksi Bima Sakti. Tiga piramid tepat membentuk konstelasi Orion secara matematika astronomi.

Jika Sphinx merupakan simbolisasi zodiac Leo, maka matahari terbit dari arah konstelasi zodiac Leo pada waktu spring equinox 10,500 BC. Hari itu juga tepat saat konstelasi Orion berada persis di atas tiga pyramid yang disebutkan di atas.

Sumber Referensi :
1. http://lovegamers.forumotion.com/
2. http://nicco67.blogspot.com/
3. http://www.indogamers.com/
4. http://ahbarutahu.blogspot.com/





0 comments:

Post a Comment

Komentar yang berisi iklan barang atau jasa akan segera dihapus. Begitu pula komentar yang mengandung hinaan, sara, atau berisikan hal negatif lainnya.