08 October 2011

Christ Redeemer

1. Pengenalan Christ Redeemer
Dengan tangan terentang dan terbuka, Christ Redeemer berdiri di puncak Gunung Corcovado. Patung Kristus Penebus ini menghadap ke kota di bawahnya bak senantiasa melihat hamba-hambanya.
Senin (9/7/2007), Patung Kristus Penebus masuk dalam 7 keajaiban dunia baru dari 21 finalis. Patung ini merupakan simbol penerimaan dan keterbukaan. Patung yang berada di Rio de Janeiro, Brasil ini merupakan patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco. Simbol umat Kristen ini memiliki tinggi 38 meter di puncak Gunung Corcovado berketinggian 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca.

2. Struktur Bangunan Christ Redeemer
Christ the Redeemer : (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brazil, yang dianggap sebagai patung Art Deco terbesar kedua di dunia. Patung ini memiliki tinggi 39,6 meter (130 kaki), termasuk 9,5 meter nya-(31 kaki) pedestal, dan 30 meter (98 kaki) lebar.

Beratnya 635 ton (625 lama, 700 ton singkat), dan terletak di atas gunung (2.300 ft) Corcovado 700 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca menghadap ke kota. Patung ini terbuat dari beton bertulang dan soapstone, dan dibangun antara 1922 dan 1931.

3. Pembangunan Christ Redeemer
Gagasan pembangunan patung muncul pada pertengahan 1850-an. Saat itu imam Katolik Pedro Maria Boss meminta dana dari Putri Isabel untuk membangun sebuah monumen keagamaan yang besar. Namun Putri Isabel tidak tertarik. Ide pembangunan patung itu terlupakan hingga 1889 saat Brasil menjadi negara republik. UU mewajibkan pemisahan gereja dari negara. Ide kedua dicetuskan pada 1921 oleh Keuskupan Agung Rio de Janeiro. Keuskupan Agung mengorganisir acara Minggu Monumen untuk menarik para penyumbang, yang kebanyakan berasal dari kaum Katolik Brasil. Rancangan-rancangannya dipertimbangkan untuk "Patung Kristus" termasuk sebuah representasi dari salib Kristen, sebuah patung Yesus dengan bola dunia di tangannya, dan sebuah pedestal yang melambangkan dunia. Akhirnya patung Kristus Sang Penebus dengan tangan yang terbuka yang dipilih. Christ Redeemer didesain oleh Heitor da Silva Costa dan di pahat oleh Paul Landowski asal Prancis . Butuh 5 tahun membangun patung ini dari beton dan batu. Jalan kereta api pun dibangun untuk membawa potongan-potongan besar patung ke puncak gunung. Patung diresmikan pada 12 Oktober 1931. Bagi yang mau melihat patung ini dari dekat, harus menaiki 220 anak tangga. Namun pada 20 Januari 2003 telah dibangun lift dan eskalator. Jadi tak perlu bersusah payah lagi.
 Pembangunannya selama sembilan tahun , 1922-1931. Monumen ini dibuka pada 12 Oktober 1931 Biaya monumen adalah $ 250.000. Patung ini diterangi oleh lampu sorot berbaterei menggunakan teknologi radio gelombang pendek Guglielmo Marconi, ditempatkan 5.700 mil (9.200 km) jauhnya di Roma , tapi cuaca buruk mempengaruh sinyal dan itu harus diterangi oleh pekerja di Rio.

4. Christ Redeemer (New Seven Wonder)
CHRIST REDEEMER Brasil (Patung Kristus Penebus) adalah tempat/obyek di dunia yang merupakan keajaiban pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon seluler, yang diadakan oleh Swiss Foundation yang bernama The New7Wonders Foundation berkolaborasi dengan beberapa badan/yayasan dunia lainnya. Terpilihnya tujuh keajaiban dunia diumumkan di Lisbon, Portugal, pada tanggal 7 Juli 2007.

5. Christ Redeemer Saat Ini 

Patung ini disambar petir saat badai listrik yang dahzat pada Minggu, Februari 10 Januari 2008. Badai menyebabkan malapetaka di Rio, tetapi patung itu tanpa cedera karena soapstone, bahan pembentukan lapisan luar patung, adalah isolator. Pada bulan Oktober 2006, pada ulang tahun ke 75 patung itu, Uskup Agung Rio Kardinal Eusebio Oscar Scheid ditahbiskan sebuah kapel (diberi nama santo pelindung Nossa Senhora Brasil Aparecida, atau “Our Lady of Apparate “) sehingga di bawah patung itu memungkinkan umat Katolik untuk mengadakan pembaptisan dan pernikahan di sana.
Renovasi patung itu dimulai pada bulan Maret 2010 setelah hujan lebat dan petir sebelumnya

6. Christ Redeemer di Indonesia
Patung hampir serupa dibangun di puncak Bukit Fatucama, Dili, Timor Timur pada 1996, namanya Patung Kristus Raja. Patung ini merupakan simbol peringatan integrasi Timor Timur ke Indonesia. Ketinggiannya 27 meter untuk melambangkan 27 provinsi Indonesia saat itu. Namun kini patung tersebut milik Timor Leste, setelah Timor Timur lepas dari Indonesia.

Sumber Referensi :
http://www.detiknews.com/
http://wonders4u.wordpress.com/world-wonders/christ-the-redeemer/
http://faktaterunik.blogspot.com/2011/04/patung-christ-redeemer-di-rio-de.html
http://starineden3004.blogspot.com/2009/02/patung-yesus-christ-redeemer-di.html
http://iklanmax.co/


0 comments:

Post a Comment

Komentar yang berisi iklan barang atau jasa akan segera dihapus. Begitu pula komentar yang mengandung hinaan, sara, atau berisikan hal negatif lainnya.